• TOR [Anonymity Tool and Service]
  • OTODIDAK [Aplikasi Interaktif Pembelajaran Linux]

Mengenal TOR (Anonymity Tools & Service)



Apa itu TOR?
TOR adalah sebuah aplikasi dan system jaringan yg memastikan kebebasan dan privacy setiap pengguna internet dari segala bentuk pengawasan yg dilakukan oleh pihak ISP ataupun pihak-pihak yg berusaha mencari dan mendata identitas user melalui statistik traffic analysis. Singkatnya TOR membantu pengguna internet untuk menyamarkan identitasnya (to become anonymous) sehingga dgn tersamarnya indentitas tersebut maka kebebasan berekspresi dalam bentuk apapun, terutama privacy, dapat terjamin keamanannya. Semua informasi yg masuk dan keluar terenkripsi oleh TOR, yg secara teoritis informasi tersebut sangat susah bahkan dalam kondisi tertentu mustahil untuk di lacak (TOR + Private VPN).

Dalam praktiknya fasilitas TOR dapat digunakan oleh siapapun, dari home user (normal user), militer, pejabat negara, jurnalis, aktivis dan banyak lagi. Sebagai contoh aplikasinya adalah militer atau pejabat negara dapat memanfaatkan TOR untuk berbagi informasi yg sensitif dgn client mereka tanpa perlu mengkuatirkan masalah pengawasan yg  mungkin dilakukan oleh pikah ke-3 yg ingin mengambil keuntungan. Contoh sederhananya lagi adalah dalam level normal user, TOR memastikan bahwa tidak ada pemblokiran terhadap situs apapun yg mungkin dilakukan oleh pihak ISP ataupun pihak network maintainer dalam suatu jaringan peer network (WLAN/LAN).


Untuk mengetahui lebih jauh bagaimana proses atau cara kerja TOR, kita bisa melihat gambar atau bagan dibawah ini:


Dari ilustrasi diatas kita akhirnya mengetahui bagaimana suatu data atau informasi bergerak, berpindah dari Source ke Destination dan bagaimana proses terjadinya enkripsi data atau informasi tersebut.

Seiring dengan berkembangnya dunia internet dan kebebasan berbagi informasi didalamnya, maka tak heran banyak pihak-pihak dinegara maju yg memaksa untuk membuat sebuah amandemen, yg pada akhirnya akan mengekang kebebasan dan privacy para pengguna internet, sebut saja diantaranya adalah SOPA dan PIPA, dan yg terbaru saat ini adalah CISPA.

Jadi apabila anda adalah salah seorang yg peduli dengan keamanan dan privacy informasi yg anda bagikan ataupun terima, maka TOR adalah solusi yg murah (gratis) yg dapat anda gunakan dalam setiap aktivitas di dunia maya. 

Software TOR tersedia dalam berbagai platform (Android, Maemo, Linux, Windows & Mac) (bagi pengguna iOS dapat menggunakan aplikasi Covert Browser), dan untuk memudahkan penggunanya, pada perkembangan akhir-akhir ini semua fasilitas TOR yg pada awalnya penggabungan dari beberapa software yg terpisah, di merge menjadi satu yg disebut TOR Browser Bundle. Dan aplikasi ini bersifat Portable yg berarti dapat kita simpan dalam Flash Disk dan dapat di jalankan langsung di komputer manapun tanpa harus menginstall aplikasi tersebut ke HDD host.

Bagi yg penasaran dan ingin mencoba aplikasi ini, dapat mendownload sesuai dengan platform OS yg dipakai di TOR Browser Bundle

Pada bahasan post selanjutnya saya akan membahas mengeni layanan email gratis yg menggunakan fasilitas dan metode TOR sebagai media komunikasi jaringan dan data.

11 comments:

Daniel Benny Simanjuntak said...

Mantab bahasannya! :)

Sebetulnya penggunaan TOR hampir sama dengan penggunaan proxy atau socks sewaktu browsing. Dengan kata lain TOR merupakan jalan pintas bagi user yang ingin browsing anonymously tapi tidak mempunyai proxy yang bisa digunakan.

Lin00bs said...

TOR berbeda dgn proxy ataupun vpn tetapi tujuannya sama yaitu untuk menyamarkan identitas. Tp TOR jauh lebih powerful karna semua informasi terenkripsi dan terhubung dgn banyak tor user yg disebut relay. Jd akan sngat2 sulit untuk dilacak. Sementara proxy hanya berfungsi sebagai bypass atau juga alternatif bagi fixed proxy bawaan (proxy yg disediakan oleh ISP). Jd kalo yg hobby main "detektif". TOR adalah senjata yg Must Have. :)

Lekitra said...

dari cara kerjanya di gambar di kata 'red links are in the clear'.. ngerinya jika sapa yang jadi node terakhir :D hahaha..
trus, disitu TOR hanya akan melakukan 3x encrypted (pastinya ke 3 node). mungkin supaya tidak terlalu makan waktu ke destination apalagi klo koneksinya standar indo.

Fianetmu.Com said...

Bagus skli tutornya gan, ternyata bgitu cara kerjanya,,,wah....wah....wa....

Anonymous said...

jadi ini browser khusus anonymous :D

sepertinya belum ada paket deb, biar gampang instal melalui synaptic :D

tutorialjitu said...

mantab gan artiklenya jadi tambah ilmu nih.. :)

review jujur said...

logo tornya lucu kang kayak bawang...hahaa
sory gan ini baru belajar jaringan :)

Social Bookmark Indonesia Gratis Tanpa Daftar said...

lam kenal kawan.
perkenalkan kami dari "kemebul" Social Bookmark Indonesia Gratis tanpa daftar.

salam blogger

cahyo jm said...

berkunjung dipagi hari sembari baca-baca artikel dimari

Bloger Caruy said...

berkunjung sobat mumpung masih pagi

Intan said...

makasih penjelasan TORnya...

Post a Comment