• TOR [Anonymity Tool and Service]
  • OTODIDAK [Aplikasi Interaktif Pembelajaran Linux]

OTODIDAK | Aplikasi Belajar Linux


Kabar gembira bagi semua pemerhati dunia Open Source khususnya Linux, karna telah dikembangkannya sebuah aplikasi yg diperuntukkan buat para pemula yg ingin mempelajari Sistem Operasi berbasis Linux. Aplikasi ini dinamakan OTODIDAK. Namanya sendiri sudah menjadi representasi dari fungsi nya sendiri adalah sebagai media pembimbing dalam mempelajari OS Linux. Kata terima kasih sudah sepantasnya kita credit kan pada developernya yaitu Ade Malsasa Akbar atas kontribusinya merealisasikan dan mengembangkan sebuah media belajar dalam rupa aplikasi OTODIDAK. Saat ini aplikasi OTODIDAK masi memasuki tahap awal yaitu versi 1.0 tetapi kedepannya, kita berharap, aplikasi ini akan terus dikembangkan agar menjadi sebuah aplikasi yg sempurna dan lengkap sebagai The Most Comprehensive Linux Guidance bagi pemakai OS Linux dari tingkatan Novice sampai Advanced. Aplikasi ini juga dapat dijadikan sebagai media promosi bagi user yg ingin ber migrasi dari Close Source OS (Mac & Windows) ke Open Source OS (Linux).


Dari review yg saya lakukan, aplikasi ini benar2 sangat didesign se interaktif mungkin, sebagai contoh adalah tutorial dasar command terminal, dimana aplikasi ini menggunakan semacam virtual environment sebagai tempat kita melatih berbagai perintah2 dasar di linux tanpa mempengaruhi data dan OS yg kita pakai, semua proses berjalan didalam aplikasi tersebut, dan menurut saya ini benar2 briliant :D Bukan hanya itu saja. Didalam aplikasi ini juga disuguhkan berbagai macam pengetahuan dasar mengenai dunia Open Source meliputi sejarah, file system, kernel, sampai pada perbedaan distro menurut kiblatnya (Debian, Red Hat, dll). Jadi kesimpulannya adalah aplikasi ini sudah sangat memadai menjadi sebuah senjata bagi para pemula seperti saya dalam memasuki dunia Open Source.

Aplikasi OTODIDAK dapat di download dari link dibawah ini:


Linux dan WindowsOtodidak V1.jar (12 MB)
UbuntuOtodidak V1.deb (12 MB)
Windows: Otodidak.exe (12 MB)
Kode SumberOtodidak V1.tar.gz (10 MB)
*) Linux lainnya bisa menggunakan versi JAR saja
**) Otodidak dibuat dengan Java, sehingga Anda memerlukan Java Runtime Environment (JRE) di komputer Anda untuk bisa menjalankannya. Unduh di situs resmi JRE
Sebagai tambahan bagi yang ingin tahu dan penasaran bagaimana tahapan dan proses pembuatan aplikasi ini baik dari segi design dan pemrogramannya, nantikan Otodidak Behind The Scene di website resmi Otodidak.
Berikut saya lampirkan beberapa screenshot aplikasi OTODIDAK Versi 1.0







4 comments:

Daniel Benny Simanjuntak said...

What an amazing post! Kebetulan saya juga pernah dengar aplikasi yang katanya terinspirasi dari Electrodoid ini. Uniknya Otodidak ini bisa dijalankan di OS non-linux. GREAT!

Ya, semoga saja pemanfaatan aplikasi buatan salah satu linuxer Indonesia ini merambah ke berbagai perorangan, profesi, sekolah, instansi, kantor, korporasi, dll.. supaya kemudian semakin banyak yang mendapat pembelajaran yang bermakna dari belajar linux.


* Sekedar menambahkan perbendaharaan postingan admin dan perbendaharaan pembaca! Ada beberapa paket pembelajaran dasar-dasar Linux yang terdapat dalam aplikasi ini :

> Simulator Terminal (Anda bisa belajar Terminal tanpa Terminal).
> Kumpulan tutorial instalasi modem di Ubuntu.
> Kumpulan penjelasan mengenai Ubuntu.
> Tabel perbandingan aplikasi Windows dan Ubuntu.
> Semua kumpulan pengetahuan Linux ber-gambar.
> Tutorial instalasi aplikasi di Ubuntu.
> Tutorial instalasi kodek MP3 di Ubuntu.
> Kumpulan penjelasan mengenai 5 desktop environment di Linux.
> Kumpulan perintah Terminal.
> Kumpulan trik menggunakan Terminal.
> Kumpulan pengetahuan dasar Linux, GNU, Free Software, Open Source, Repositori, dan cara belajar Linux dalam Bahasa Indonesia dan disertai ilustrasi (didesain dengan Inkscape).



- HAPPY LINUX -

Anonymous said...

appnya cocok buat yang mau migrasi ya :D sebagai guide gitu. tersedia pula untuk beberapa platform. ntar saya coba dulu appnya. dibuat dengan bahasa java ya, devkit yang dipake apa mas bro? netbeans, eclipse, ato apa gitu? :D

btw, review aplikasinya lengkap nih :)

Lin00bs said...

Aplikasinya dibangun dengan menggunakan bahasa Java karna sifatnya yg cross-platfrom sehingga dapat dijalankan disemua OS dengan catatan Java JRE dan SDK sudah terinstall :) Kalo masalah proses design dan pemrograman kita tunggu aja Behind The Scene nya selesai dibuat oleh developer yg bersangkutan :)

Aplikasi ini cocok buat siapa saja yg ingin belajar mengoperasikan OS Linux, dari tingkatan dasar sampai advanced :)

Ade Malsasa Akbar said...

Terima kasih banyak, Kang. Otodidak masih bayi dan hanya bayi. Semoga lahir setelah Otodidak aplikasi-aplikasi lain yang jauh lebih berguna. Dari akang tentunya dan dari semua anak muda Indonesia. mengenai IDE, Otodidak dibuat dengan Netbeans. Mengapa? Karena drag and drop di Matisse sanggup merealisasikan aplikasi GUI dengan sangat cepat.

Semoga Linux makin dikenal masyarakat umum.

Post a Comment